Social Icons

Kamis, 03 Juni 2010

Cara Menginstall Ubuntu / Instalasi Ubuntu


Ubuntu adalah salah satu OS yang paling digemari dewasa ini. Bahkan sistem operasi ini disebut-sebut sebagai lawannya windows 7
karena tampilannya yang begitu mewah dan elegan dan juga fitur-fitur lainyya seperti internet, office, design, dan programing sangat kental didalamnya. Akan tetapi, tidak sembarang komputer dapat menjalankan OS ini dikarenakan sistem requirement yang begitu lumayan besar. Misalnya saja kecepatan komputer harus diatas 1 ghz atau anda bisa membacanaya di ubuntu requirements. Untuk masalah driver anda tidak perlu khawatir, karena banyak vendor driver terkemuka juga sudah melirik OS ini. Sayangnya OS ini sangat bergantung dengan yang namanya “ONLINE” karena software aplikasi pendukung dan sistem pendukung lainnya hanya bisa didapatkan secara online dan sangat sulit jika dengan offline. Jadi OS ini sangat bagus jika digunakan oleh komputer yang sering berlalu-lalang di dunia internet.


tampilan ubuntu

Apakah anda tidak penasaran dengan OS ini?. Untuk mendapat jawabannya anda bisa mengikuti petunjuk installasi kami yang telah kami ringkas semudah mungkin beserta problem solve dan beberapa tips didalamnya.



1.Bagaimana mendapatkan Ubuntu:

Untuk mendapatkan ubuntu anda bisa search di google dengan kata kunci “download ubuntu” atau ke web resminya di www.ubuntu.com . Lalu anda bisa memilih pack yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya saja saya memeilih ubuntu netbook karena memang saya menggunakan komputer jenis netbook (saya disini menggunakan vanbook a1n-70tb).



2.Memulai Installasi:

cara1:

#jika anda menggunakan win xp anda bisa meng'extract'nya terlebih dahulu menggunakan 7zip atau winrar.



#buka file yang telah di'extract' tadi lalu buka wubi dan isilah data-data yang diperlukan (anda diwajibkan mengisi user dan password beserta jumlah storage yang ingin digunakan) lalu ikuti petunjuk yang telah tertera disana.



(mungkin ada beberapa bug yang didapat ketika menjalankan wubi contohnya masalah “di temp ada beberapa file yang hilang”, maka anda diharuskan memakai cara ke2)

-bootmode:

#setelah semua selesai maka komputer akan tereset dan masuklah kita ke boot mode. Pilih ubuntu / install ubuntu(bukan windows xp) !!!

#ikuti petunjuk-petunjuk yang telah tertera pada layar komputer anda. Dan tunggu beberapa menit untuk melakukan installasi.(mungkin sebelum installasi anda akan disuguhi beberapa pilihan yaitu try ubuntu {fitur ini memberikan kita pandangan sekilas tentang ubuntu sebelum kita benar” menginstallnya} dan juga beberapa opsi seperti penggunaam disk space untuk OS ini bertengger.


+(kedua gambar diatas merupakan contoh dari try ubuntu, anda bisa menentukan bahasa yang ingin anda gunakan). Jika sudah puas melihat-lihat pilih install!!+tentukan wilayah dan zona waktu anda+lewati mode ini dengan pilihan standar, forward!

+tentukan besar space yang ingin anda gunakan untuk menginstall ubuntu+masukan data untuk akun anda. Ini semua diperlukan ketika anda login.
+pilih install dan tunggu beberapa menit.

#setelah semua selesai, seselamat anda bisa menikmati ubuntu sekarang!!!



cara2:


#anda bisa menggunakan usb disk-kreator (tersedia bersama dengan wubi) / universal usb installer (download disini). Minimal anda harus memiliki fasilitas usb sebesar 2gb untuk bisa menggunakannya.
+pilih i agree
+tentukan paket ubuntu yang ingin anda gunakan, tentukan juga letak file iso yang anda download tadi, dan pilih tempat flash disk yang ingin anda gunakan.
+pilih create dan reset komputer

#ketika komputer sedang booting biasanya tahan salah satu dari esc / F2 / end / F8 / F10 / F1 maka anda akan disuguhkan dengan boot mode.(disana tersedia 2 pilihan: hardisk komp anda dan flashdisk yang anda gunakan tadi, pilih storage flashdisk anda).

#langkah selanjutnya seperti boot mode diatas.



3.Selamat, peringatan, dan tips:

Selamat anda bisa menikmati ubuntu anda. Akan tetapi anda jangan kaget akibat keganjilan yang terjadi (seperti bluetooth dan wireless tidak menyala, file format bahasa yang kurang, tidak bisa menjalankan format mp3, dan lain-lain), dalam kata lain anda harus tenang karena masalah ini akan kita selesaikan. Perjuangan anda belum selesai karena anda diharuskan m
elakukan update software. (System>update manager) dalam hal ini anda diwajibkan terhubung ke internet.
+ + +
Dan satu lagi peringatan dari saya adalah anda jangan kaget ketika anda tidak bisa membuat folder di file system meskipun anda sudah mengeset akun anda ke administrator. Karena sesungguhnya untuk bisa menggunakannya anda harus bermain dengan akun “root”.

6 komentar:

  1. OOh gitu yah gan.. pantesan kemaren lewat win xp eror di log tempnya!!

    thx yaaa!!

    BalasHapus
  2. Makasih ni gan baru tau!!! hidup gratisan

    hehe

    BalasHapus
  3. wow, ternyata Ubuntu lebih keren dari Mikocok 7,wkwkwkwwkwkwkwk....
    gk rugi baca ni blog, thx gan for share

    BalasHapus
  4. wuihhhhhhh.............
    go opensource!!!!
    hebat lah.. kita harus terus melanjutkannya

    BalasHapus
  5. waaahhh tak praktikin mas...makasih

    BalasHapus

Jalinlah silaturahim dan buatlah bangsa maju bersama

 

Sample text

Sample Text