Social Icons

Jumat, 02 Desember 2011

[SOLVED] VT18 ubuntu 11.10 Oneiric (tanpa dual boot)

Melihat banyak sekali teman-teman yang merasa kebingungan dan kesulitan karena tidak bisa mengeject modemmya di ubuntu 11.10 akhirnya membuka hati saya untuk membantu.
Banyak dari teman-teman yang sepertinya malah mempersulit keadaan dengan menuduh kernel 3.x.x yang baru sehingga permasalahan muncul dari situ. SADAR teman! tidak ada yang salah dengann kernel 3.x.x menurut analisa saya. Menurut analisa saya yang salah adalah pada script usb_modeswitch yang kurang peka atau salah mengorganisir atau mengenal modem kita secara otomatis. Ya, itulah sebabnya kita tidak bisa mengeject karena kesalahan pada script tersebut.



Penyelesaiannya (berlaku untuk vt18 dan modem lain yang mengalami masalah sejenis, peringatan hati-hati dalam mengikuti petunjuk ini dan jangan melakukan perubahan yang berlebihan pada script tanpa tahu dasarnya!!) :

1. Nyalakan Ubuntu 11.10 kemudian login.
2. Colokan Modem kamu.
3. Ketik lsusb
4. Cari nama vendor dan product. (contoh pada modem saya adalah vendor=056c product=1000 , Quallcom).
5. Masih di terminal, ketik: cd /lib/udev/rules.d
6. ketik: sudo gedit 40-usb_modeswitch.rules
7. Cari nomor vendor dan product kamu
contoh pada saya ketemu:
# Prolink P2000 CDMA, Samsung SGH-Z810, Older Option devices, Vertex Wireless 100 Series, AnyDATA devices, Bless UC165
ATTRS{idVendor}=="05c6", ATTRS{idProduct}=="1000", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"
8. kemudian ubah menjadi:
# Prolink P2000 CDMA, Samsung SGH-Z810, Older Option devices, Vertex Wireless 100 Series, AnyDATA devices, Bless UC165
#ATTRS{idVendor}=="05c6", ATTRS{idProduct}=="1000", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"
9. save dan exit terminal
10. buka disk utility
11. Cari modem kamu disana yang berbentuk cd, lalu eject (jangan safely remove!!)
12. exit disk utility
13. masuk terminal lagi, ketik: lsusb , dan cari vendor modem kamu
di saya ketemu:
vendor=1d09 product=aef4
14. kemudian di terminal ketik: sudo modprobe usbserial vendor=0x product=0x
contoh pada saya:
sudo modprobe usbserial vendor=0x1d09 product=0xaef4





Selamat menikmati, sekian bantuan dari saya : aliephs at inilooh.web.id

6 komentar:

  1. Baru ketemu nih selama ini yang aku cari. makasih ya infonya :). ow y, btw ubuntu yang 11.10 kok kalo habis disconnect gak bisa connect lagi yah?

    BalasHapus
  2. iya sama2, kalo maslah koneksi sy jg kurang tau cuma kalo slama ini sy biasanya nyalain dulu semua siap baru di colok.

    BalasHapus
  3. testing disqus area.

    BalasHapus
  4. saya sudah coba langkah di atas, tapi waktu mau eject malah error gini "no media found" di bagian detailnya, di bagian volume (abu2) tertulis "no media detected", padahal modemnya sudah saya colokkan. modem saya prolink p2000 cdma 1x, ubuntu 11.10.

    BalasHapus

Jalinlah silaturahim dan buatlah bangsa maju bersama

 

Sample text

Sample Text