Social Icons

Kamis, 22 Juli 2010

Banyak Cara Mempertajam Ingatan

Pernah tidak merasa diri kita tiba-tiba lupa akan suatu hal? Tentu tidak enak bukan!. Nah, untuk itu saya mau berbagi ilmu sama teman-teman disini.

Saya mendapat ini dari berbagai sumber di Internet:

1. Biasakan dengan kopi, teh, dan coklat
Para pakar berpendapat meminum kopi dan atau coklat setiap hari dapat membantu mempertajam ingatan, dengan catatan kita harus memilih kopi atau coklat yang benar.

Dengan adanya Caffeine dalam kopi dan teh hijau, dapat meningkatkan rasa terjaga sehingga informasi baru yang terserap akan lebih baik lagi. Dan juga menurut para ahli teh juga mengandung antioxidan yang dapat menjaga sell otak dari kerusakan. Akan tetapi jangan sekali-kali mencampur susu kedalam teh karena dapat menghambat penyerapan antioxidan.

Dan untuk coklat, pilihlah dari jenis yang black dengan 60% cocoa dan direkomendasikan Victoroff.

2. Tidur Tepat Waktu

Banyak pakar berpendapat ketika tidur otak kita seperti membuat ruang baru setelah seharian bekerja. Untuk menjaga memori biasanya orang membutuhkan 8 jam tidur. Senam Aerobik dan berendam air hangat 60-90 menit juga bisa membantu menjaganya.

3. Perbanyak Olah Raga

Dengan melakukan olah raga semisal senam aerobik dan jalan kita dapat meningkatkan memori kita, karena menurut pakar dengan olah raga akan menambah pasokan darah menuju otak. Dan juga dengan senam kita dapat merilekskan otak kita sehingga hormon yang berada dalam tubuh dapat bekerja dan mengatur tubuh dengan baik. Para pakar menyarankan 30 menit sehari untuk berolah raga.

4. Pilih makan yang Tepat

Seperti halnya coklat dan kopi. Pemilihan makanan yang tepat juga akan mendukung kinerja otak. Contohnya adalah makan yang mengandung asam lemak OMEGA-3, banyak penelitian mengatakan omega-3 dapat membantu menghindari hilangnya fungsi kognitif otak. Beberapa jenis ikan dan suplemen minyak ikan, biji rami dan suplemen flaxseed, dan kanola, kedelai, dan minyak walnut mengandung omega-3. Tapi yang jelas kebanyakan jenis ikan sangat baik bagi otak kita. Kita dianjurkan memakan ikan 4 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan otak kita.

Hindari makan diet berlemak jenuh, karena itu sangat buruk bagi otak dan lemak jenuh dapat menurunkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol yang baik bagi tubuh).

5. Latihlah Otak kita

Banyaklah melatih otak kita seperti membaca, berhitung, bermain puzzle dan lain-lain

6. Banyak berpikir Positif

Banyak pakar berpendapat berpikir positif dapat menstimulasi otak berkembang lebih baik ketimbang berpikiran negatif. Jadi banyaklah berpikir positif dan tinggalkan hal-hal negatif.

Tips tambahan meningkatkan memori

# banyaklah makan yang berkarbohidrat, khususnya yang berkarbohidrat kompleks seperti pisang, kacang merah, dan roti gandum. Karena bahan tersebut nantinya yang akan menjadi energi untuk otak kita.

* Minumlah kopi kurang lebih 20 menit sebelum beraktifitas. Tapi jangan sampai berlebihan, minumlah secukupnya.

$ Jangan terlalu keras memaksakan kerja otak. Anda tidak ingin cepat setres kan?.


dari findarticles dengan sedikit perubahan dan penambahan

Kalau jika ingin bertanya secara private dan lebih lanjut, anda harus menjadi FOLLOWER blog ini

1 komentar:

Jalinlah silaturahim dan buatlah bangsa maju bersama

 

Sample text

Sample Text