Social Icons

Rabu, 25 Agustus 2010

Tips dan Trik Mudik Lebaran Buat Mahasiswa

Siapa sih yang tidak kangen dengan keluarga? Pasti semua kangen donk apa lagi buat para mahasiswa yang ada di perantauan. Ow yah aku punya beberapa tips n trik niih yang mungkin berguna buat temen-temen ketika mau mudik. Terutama buat yang pertama kali mudik sendirian. ^_^V

trik:
1. Rencanakan Keberangkatan kita
Mudik yang nyaman adalah mudik yang penuh dengan rencana. Pastikan kapan hari liburmu dan kapan kamu masuk kuliah lagi. Dengan begini kamu bisa membooking tiket bus, kereta, maupun pesawat dengan waktu yang diinginkan. Dun mudikmu pun akan tersa lebih nyaman karena tidak perlu memikirkan kapan nanti kita masuk.
2. Siapkan Barang Bawaan Seperlunya
Mudik dengan bawaan super berat dan aneh-aneh itu sungguh tidak efisien, ditambah membawa barang bawaan seperti itu lebih berbahaya dan dikhawatirkan hilang, tertinggal, dan lebih parah lagi dicuri. Bawalah Oleh-oleh seperlunya jangan terlalu memikirkan tetangga dulu, jangan bawa perhiasan yang mencolok, dan bawa baju seperlunya toh kita cuma sebentar. Kalau bisa kita bawa makanan secukupnya agar bisa dimakan di dalam perjalanan.
3. Jadikan diri kamu senyaman mungkin
Tidak dipungkiri keadaan kendaraan mudik kadang begitu penuh sesak dan kadang kita terganggu oleh keadaan disekitar kita misalnya saja ada bayi yang menagis atau bau toilet yang menyengat. Ada baiknya kamu mengantisipasi hal-hal seperti ini dengan mempersiapkan barang yang mungkin kamu anggap perlu. Dan sebaiknya kamu jaga emosi mu disini karena biasanya dalam keadaan seperti ini emosi pemudik dalam keadaan labil.
4. Berhati-hatilah di jalan
Nah ini ni yang paling penting, hati-hatilah di jalan! jangan mudah percaya orang lain. Tolak denagn lembut jika ada orang yang sok kenal dan menawari apapun kepada kamu. Ow ya, simpan baran berharga ditempat yang benar-benar aman dan pastikan barang-barang mu selalu berada dalam pengawasanmu. Jika misal kamu baru pertama kali mudik dan belum tahu situasi tanyalah kepada orang yang benar-benar dipercaya, misalnya satpam, petugas tiket, ataupun orang-orang yang kamu anggap benar. Jangan mudah percaya tawaran orang lain karena bisa saja kamu ditipu.

tips:
1. Jangan bawa uang cash dalam jumlah banyak, karena rawan hilang dicopet, jatuh, dan sebagainya. Cukup aman bawa ATM, karena tersedia ATM sejumlah bank seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Lippo, dsb. Hanya anda harus sabar ngantri didepan ATM karena biasanya antreannya panjang. Kalau membawa buku tabungan kurang berguna, biasanya pada saat lebaran bank juga tutup.
2. Mintalah teman mengantar keberangkatan kamu sampai terminal,stasiun, ataupun bandara. Karena teman adalah saudara kita di perantauan.
3. Jika perlu mudiklah bersama-sama jika memang satu jurusan/jalan dengan kita. Karena hal ini mungkin akan menambahkan kesan tersendiri dan yang paling penting lebih aman.
4. Pilihlah jam berangkat sore atau malam hari, karena perjalanan panjang akan menguras tenaga anda dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat.
5. Jangan lupa berdoa dan yang penting jangan lupa bermaafan dengan teman kita terlebih dahulu^^

by Alif for Madina Pernik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

2 komentar:

  1. bener banget dah,..!! baru aj ane kehilangan 1 dompet beserta isinya,,, kali ini mudik jgan sampe lagi,,makasih sob tipsnya yah,,, ha[[y blogging :)

    BalasHapus
  2. waah kasian kamuu.. semangat yaa.. ow ya btw makasi yah ud komen... kalo bisa kamu follow juga.. nanti aku follow back

    BalasHapus

Jalinlah silaturahim dan buatlah bangsa maju bersama

 

Sample text

Sample Text